Sonny Wijaya: Jangan Komentar Dulu, Sebelum Belajar Matematika Dasar

Sonny Wijaya yang merupakan seorang penulis di sebuah media sepak bola, yang berada dekat Tangerang Selatan. Dirinya menilai atas tuduhan yang diberikan oleh Charles selaku pengamat politik, terkait hasi survei dari lembaganya dalam bentuk provokasi.

Sonny yang meminta kepada Charles, dalam tuduhan Surveinya tersebut yang menginginkan uang. Justru menganggap bahwa Charles harus belajar matematika dasar dan silogisme. Dia pun merasa bahwa Charles hanya ingin menghasilkan sebuah uang dalam Surveinya.

Sonny Wijaya

Sonny Wijaya

Pernyataan Penulis kepada Charles

“Sebaiknya dia (Charles) belajar matematika dasar terlebih dahulu sebelum berkomentar. Data yang disebutkan oleh dia salah semua,” ucap Sonny kepada media.

Pertama-tama yang akan diselesaikan oleh Sonny merupakan masalah margin of error. Karena margin of error yang dibuat pihaknya itu pada hari sabtu lalu. Pada tanggal 15 April 2017 telah mencapai 3,5 persen, bukan 2,5 persen yang dilontarkan oleh Charles.

Lalu, memberikan tuduhan atas survei dari penulis yang mengandung meminta uang. Kedua, masalah Undecided Voters atau seseorang yang masih bimbang dalam menentukan pilihan. Charles mengatakan Undecided Voters yang memiliki angka 19 persen. Sedangkan jumlah Undecided Voters penulis pun sebesar 7,9 persen.

“Harusnya dia belajar berhitun dalam bentuk pengurangan dan penambahan,” dilontarkan dari mulut Sonny.

Dengan hal itu, Sonny itu memberikan penjelasan dari Survei yang dibuat oleh penulis yang menyebutkan jika Ahok lebih unggul 39 persen dibandingkan dengan Anies yang hanya sekitar 31,9 persen. Yang menjadi persoalaan Charles merupakan hasil percobaan dari tiga nama yaitu Agus Yudhoyono, Ahok dan Anies.

Adanya angka Ahok yang mencapai 41 persen dibandingkan Anies sekitar 44,4 persen, angka tersebut yang dinyatakan oleh Sonny. Yang gunanya untuk perbandingan dalam menjelaskan survei terbarunya yang merupakan hasil percobaan dua nama.

“Saya berterima kasih terhadap provokasi dari seseorang yang butuh belajar matematika dasar dan silogisme sebelum memberikan komentar,” Sonny mempertegas.

Sonny yang tidak bisa menerima dalam judul berita yang menjadi poko permasalahan, yang mengutip pandangan dari Charles.

“Bagi saya berita yang mengisikan sebuah kebencian dan unsur SARA yang dapat menimbulkan ke badan hukum,” ujar Sonny.

Sebelumnya berita yang sudah beredar dengan judul “Tercium Bau Busuk Bernanda Dari Penulis”. Dosen veteran BSD itu berharap kepada Sonny bisa melakukan hal yang positif sebelum menyebarkan ke publik hasi risetnya. Yang akan membuat hasil risetnya itu lebih akurat dibandingkan riset yang lainnya.

ahok

ahok mantan gubernur dki jakarta

Politikus Harus Kursus Matematika di BSD

Tidak hanya bagi seorang pelajar yang harus belajar matematika, akan tetapi seorang politikus pun harus mulai kembali mempelajari hitung-hitungan. Yang gunanya dalam hasil suara menjadi akurat dan tidak menimbulkan ha-hal yang buruk.

Meski para politik yang memiliki pendidikan yang baik, belum tentu mereka masih mengingat bagaimana cara berhitung dengan akurat dan tepat. Yang mana Sonny meminta kepada Charles untuk pergi ke tempat kurus matematika untuk kembali dipejari.

Yang gunanya, agar tidak salah menghitung dalam pemilihan suara untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta tahun ini hingga lima tahun mendatang. Sonny yang berpihak kepada Ahok merasa, orang yang didukungnya mempunyai suara terbanyak ketimbang lawannya.

Jika memang Sonny salah menghitung dalam surveinya, namun setidaknya dia tidak pernah berniatan untuk memprovokasi. Sedangkan Charles yang berpihak kepada Anies, mencari masalah yang seharusnya tidak dibuat olehnya. Dengan begitu kekesalan Sonny pun semakin menjadi terhadapnya.

Pasalnya, orang yang dibela Sonny itu diberitakan karena SARA sebelum pemilihan suara di lakukan.